Andaikan ilmu hanya didapat dengan berangan-angan, maka tidak akan ada orang yang bodoh di muka bumi ini.(Imam al-Ghazali)

Minggu, 28 Maret 2010

DESKRIPSI EKONOMI KAPITALIS DAN SOSIALIS

Ekonomi Kapitalis

Faham ekonomi ini digagas oleh Adam Smith melalui bukunya yang menumental ‘An Inquiry into the nature and causes of the wealt of nation’. Ia menorehkan gagasan yang berciri umum ‘liberal’. Dengan semboyan khasnya laisser aller, laisser passer’. (bebas berbuat dan bebas bertindak). Pemikiran ini sebagai kritik talak terhadap faham ekonomi markantilisme[1] yang sangat didominasi oleh peran Negara. Dalam dunia nyata, kapitalisme memang tidak memiliki bentuk yang tunggal. Ia memiliki ragam yang tidak selalu sama ditiap Negara yang menerapkan faham ini. Pendevinisiannya dari Negara maju-berkembang sangat vareatif, Sehingga kemugkinan tidak murninya pemikiran yang digagas oleh Adam Smith bisa terjadi. Capital menjadi titik sentral dari perputaran kegiatan ekonomi[2], yang menyebabkan sulitnya pendevinisian atas faham ekonomi kapitalisme itu sendiri. Beberapa konsep penting yang menjadi pilar bagi ekonomi konvensional, khususnya kapitalisme, yaitu : rational economic man[3], positivism[4], dan say’s law[5]
Jika apa yang aku tulis menjadikanmu bahagia, maka berterimakasihlah kepada Tuhan yang telah menciptakanku. Tapi, jika sebaliknya, mohon maafkan aku. Tulisan ini hadir, semata hanya untuk berbagi kebermanfaatan kepada sesama mahluk ciptaan.

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP