Andaikan ilmu hanya didapat dengan berangan-angan, maka tidak akan ada orang yang bodoh di muka bumi ini.(Imam al-Ghazali)

Minggu, 06 Maret 2011

SARJANA DAN PENGANGGURAN

Sarjana; pemaknaan singkatnya adalah seseorang yang sudah menyelesaikan study dijenjang S1, sedikit orang yang punya kesempatan untuk melanjutkan kejenjang study ini, kecuali orang-orang yang ‘beruntung’. Pemahaman umum, ketika sudah sarjana, seorang tersebut sudah cukup ilmu dan pengalaman yang bisa dijadikan bekal awal untuk menjawab persoalan hidup yang akan dihadapi dalam dunia nyata. Pertanyaanya, kenapa masih banyak sarjana yang menganggur, bahkan malah berkontribusi terhadap rusaknya moral, carut marutnya suasa politik dan ekonomi, bahkan kekerasan atas nama agamapun sering dimobilisir oleh mereka yang notabene pernah menjadi mahasiswa?. Siapa yang salah? Apakah harus ada yang disalahkan, kalau begitu, siapa kira-kira yang salah?
Jika apa yang aku tulis menjadikanmu bahagia, maka berterimakasihlah kepada Tuhan yang telah menciptakanku. Tapi, jika sebaliknya, mohon maafkan aku. Tulisan ini hadir, semata hanya untuk berbagi kebermanfaatan kepada sesama mahluk ciptaan.

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP