Andaikan ilmu hanya didapat dengan berangan-angan, maka tidak akan ada orang yang bodoh di muka bumi ini.(Imam al-Ghazali)

Kamis, 05 Januari 2012

DETIK-DETIK PENENTUAN REKTOR BARU IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA

IAIN Sunan Ampel, lagi ada dalam persiapan pemilihan pemimpin (rektor) baru, dimana, kondisi IAIN Sunan Ampel setelah Prof. Dr. H. Nur Syam, M. Si dilantik menjadi Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam (Dirjen Pendis) mengalami kekosongan pemimpin. Menurut informasi, berhubung rektor diberhentikan dengan hormat dan dijadikan Dirjen Pendis oleh menteri Agama, maka menteri Agama harus menetapkan Penganti (rektor) Antar Waktu (PAW) untuk melanjutkan kepemimpinan rektor sampai masa jabatan habis, dan terpilihnya rektor baru IAIN Sunan Ampel. Suatu hal yang membuat IAIN rame, karena sampai sekarang belum ada kejelasan, siapa yang ditunjuk oleh menteri agama untuk dijadikan PAW tersebut. 

PERSIAPAN KKN DAN MASALAHNYA


Tadi siang (Rabu, 4 Januari 2012), saya merasa terpanggil untuk mengawal penolakan atas: Keputusan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya, tentang pemberangkatan dan pemulangan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari, ke tempat tujuan KKN dengan biaya sendiri-sendiri. Kenapa? Sesuai dengan pernyataan Rektor IAIN Sunan Ampel, Prof. Dr. Nur Syam, M. Si., ketika saya dan teman-teman dulu melakukan audiensi terkait pemunduran KKN dari Juli-Agustus 2011 ke Januari-Februari 2012 bahwa: “Selain Fakultas Tarbiah tidak bisa melaksanakan KKN di tahun sekarang, juga anggaran KKN 2011 sangat tidak memungkinkan (cukup) untuk melaksanakan KKN pada tahun 2011, maka, KKN dimundurkan pada awal Januari 2012, dan Institusi IAIN tidak akan menarik uang sepeser pun kepada peserta KKN, karena anggaran KKN tahun 2011 sudah digabungkan dengan anggaran KKN 2012. Maka, dana KKN dianggap cukup”. Begitu kurang lebih pernyataan Rektor IAIN, ketika saya dulu melakukan Audiensi di Rektorat. Atas hal tersebut, ada beberapa hal yang penting saya sampaikan, terhusus pada hasil audiensi tadi siang dengan pihal LPM selaku penanggung Jawab KKN 2012.

Selasa, 03 Januari 2012

REKTOR PARIPURNA

Beberapa waktu yang lalu, saya menerima kabar bahwa Prof. Dr. Nur Syam, M.Si sudah dilantik menjadi Dirjen dikementrian Agama RI. Kabar tersebut sampai tulisan ini  ditulis, sudah meluas dan ucapan ‘selamat’ di beranda Baleho IAIN Sunan Ampel Surabaya sudah menumpuk. Beliau menjabat sebagai rektor IAIN, hanya satu periode. Walaupun ada peluang untuk menjabat dalam dua periode, beliau ‘enggan’ melanjutkannya. Soal alasan, saya tidak mau berspekulasi.

Minggu, 01 Januari 2012

TEROMPET TAHUN BARU

Trompet; adalah aksesoris ‘wajib’ yang harus dibunyikan pada pergantian tahun baru masehi. Aksesoris ini terasa lengkap bila bersanding dengan mercom door yang biasa kita saksikan pada malam pergantian tahun tersebut. bagi saya, sejak empat  tahun hidup di kota besar, hanya pada pergantian tahun 2009-2010 ikut meramaikan malam pergantian tahun tersebut. itu pun karena tidak berbiaya terlalu mahal. Cukup berjalan kaki dengan gerimis yang tidak terlalu. Merayakan tahun baru di JtV (Telivisi-nya orang Jawa Timur) yang diramaikan dengan orkes dangdut dan kehadiran budayawan Nasional Zawawi Imron asal Madura, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bibit Samad Rianto. Wakil Gubernur Jawa Timur, M. Syaifullah Yusuf. 

Keputusan untuk datang ke tempat ini, karena saya anggap tempat ini paling dekat dengan domisili saya, dan bisa saya jangkau dengan mudah dari sekian banyak tempat yang menjadi pusat acara malam pergantian tahun baru.
Jika apa yang aku tulis menjadikanmu bahagia, maka berterimakasihlah kepada Tuhan yang telah menciptakanku. Tapi, jika sebaliknya, mohon maafkan aku. Tulisan ini hadir, semata hanya untuk berbagi kebermanfaatan kepada sesama mahluk ciptaan.

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP