Andaikan ilmu hanya didapat dengan berangan-angan, maka tidak akan ada orang yang bodoh di muka bumi ini.(Imam al-Ghazali)

Senin, 15 Desember 2014

Keris dan Mahluk Astral di dalamnya

Sebagai generasi bangsa, tentu kita tahu terhadap keris. Ini biasa ada dan diturunkan dari generasi ke generasi. Keris pada masa lalu, ibarat KTP pada masa kini. Keris adalah identitas manusia Nusantara yang masing-masing di antara mereka memilikinya. Kepemilikan keris ini tidak ada duanya. Dalam proses pembuatan keris, sang empunya­­—pembuat keris, melakukan ritual-ritual tertentu yang waktunya relatif lama. Rata-rata di antara satu sampai dua tahun. Selama membuat keris, sang empu berpuasa. Baik dari makan-minum, seksual, sampai melakukan pertapaan-pertapaan sebagai bentuk pendekatan kepada sang maha kuasa, dan menjauh dari hiruk-pikuk kepentingan dunia, istilah Islam-nya, zuhud.
Jika apa yang aku tulis menjadikanmu bahagia, maka berterimakasihlah kepada Tuhan yang telah menciptakanku. Tapi, jika sebaliknya, mohon maafkan aku. Tulisan ini hadir, semata hanya untuk berbagi kebermanfaatan kepada sesama mahluk ciptaan.

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP