Andaikan ilmu hanya didapat dengan berangan-angan, maka tidak akan ada orang yang bodoh di muka bumi ini.(Imam al-Ghazali)

Jumat, 21 Agustus 2015

Mempertanyakan Khilafah Arrasyidah-nya Hizbut Tahrir[1]

(Sebuah Pengantar)
Oleh: Marlaf Sucipto[2]
Saya ingin memulai tulisan ini dengan sebuah pertanyaan. Mengingat, Hizbut Tahrir (HT), suatu hal yang baru saya ketahui, masih belum saya fahami. Selebaran bulletin al-Islam pun, yang disebar saat datang hari Jumat di masjid-masjid sewaktu melaksanakan ibadah Sholat Jumat, hanya seputar berisi kritik atas republik, baik dalam hal ekonomi, politik, dan kedaulatan. Solusi dari problematika itu, ialah tegaknya Khilafah Rasyidah. Saya, selaku pembaca umum, bingung, apa itu Khilafah Rasyidah, karena setiap bulletin al-Islam yang saya baca, belum pernah menjumpai ulasan secara mendalam tentang Khilafah Rasyidah.

Kamis, 20 Agustus 2015

Refleksi Orientasi Siswa-Mahasiswa; Antara Humanisasi dan Dehumanisasi[1]

Oleh: Marlaf Sucipto[2]
Kata “refleksi” sengaja saya pakai supaya kita melakukan permenungan yang cukup atas kegiatan orientasi siswa dan mahasiswa yang kini banyak orang membincang bahwa kegiatan ini telah mengalami disorientasi.
Orientasi, yang fungsi sederhananya dalam rangka agar siswa dan mahasiswa mengenali kesejatian dirinya sebagai insan pembelajar yang terdidik, kini mengalami disorientasi. Kegiatan orientasi justru malah berisi tindakan yang tidak memanusiakan manusia, menginjak-injak harkat dan martabat sebagai manusia, dan serentetan tindakan pembodohan lain yang nalar pun sulit menjangkaunya. Rentetan kegiatan orientasi berbasis pembodohan ini semakin sempurna saat penyelenggara kegiatan tak mampu merasionil rentetan demi rentetan dan menutup diri untuk mendiskusikan secara professional terbuka.
Jika apa yang aku tulis menjadikanmu bahagia, maka berterimakasihlah kepada Tuhan yang telah menciptakanku. Tapi, jika sebaliknya, mohon maafkan aku. Tulisan ini hadir, semata hanya untuk berbagi kebermanfaatan kepada sesama mahluk ciptaan.

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP