Andaikan ilmu hanya didapat dengan berangan-angan, maka tidak akan ada orang yang bodoh di muka bumi ini.(Imam al-Ghazali)

Kamis, 22 September 2016

Haji dan Kesalehan Sosial

Kita tahu jumlah jamaah haji dari Indonesia tahun ini –berdasarkan data dari Kemenag RI- berjumlah 155.200 jamaah. Ditambah Calon Jamaah Haji (CJH) Khusus sejumlah 13.600 orang. Jamaah haji asal Indonesia, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang signifikan. Sistem antrian bagi CJH, yang menimal harus antri sampai 5 tahun, dan bisa jadi sampai 25 tahun, tak menyurutkan semangat mereka untuk berhaji. Belum lagi ibadah umroh yang bebas dilaksanakan di luar bulan Dzulhijjah juga tak kalah membludak.

Ini satu sisi membanggakan tapi di sisi yang lain masih menyisakan ironi. Bangga karena, spirit umat Islam Indonesia yang secara kuantitas terbesar di dunia, dalam menunaikan rukun Islam yang ke-5, luar biasa banyaknya. Tapi dari segi kualitas keber-Islam-anya, masih perlu untuk terus ditingkatkan.
Jika apa yang aku tulis menjadikanmu bahagia, maka berterimakasihlah kepada Tuhan yang telah menciptakanku. Tapi, jika sebaliknya, mohon maafkan aku. Tulisan ini hadir, semata hanya untuk berbagi kebermanfaatan kepada sesama mahluk ciptaan.

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP