Andaikan ilmu hanya didapat dengan berangan-angan, maka tidak akan ada orang yang bodoh di muka bumi ini.(Imam al-Ghazali)

Minggu, 15 Februari 2009

VALENTINE'S

Hari kasih sayang; Valentine’s. Suatu perayaan yang dikenal hampir seluruh penduduk bumi menjadi momentum formal untuk mengungkapkan perasaan kasih dan sayang sebagian besar masyarakat dunia. Tak memilih yang miskin apalagi yang kaya, semua merayakannya sesuai dengan statusnya.
Cuma; mulai dari tenarnya kata Valentine’s sampai sekarang, Valentine’s masih dimaknai secara sempit yaitu ungkapan kasih sayang yang hanya untuk manusia terlebih pasangan lawan jenis, belum pernah ada pemaknaan Valentine’s yang sifatnya global alias tidak hanya mengasihi dan menyayangi sesama manusianya saja, tapi juga rasa kasih dan sayang tersebut untuk lingkungan alam sekitar.
Kalau kita mau melihat keadaan alam dunia akhir-akhir ini terlebih di Indonesia sudah sangat tidak ramah sekali, mulai dari banjir, longsor, gempa, kebakaran hutan, menjadi tontonan yang tergolong rutin. Ini penyebabnya tidak lain karena ungkapan rasa kasih dan sayang manusia hanya untuk manusia, bukan juga untuk lingkungan. Andai, rasa kasih dan sayang tersebut juga untuk lingkungan maka secara akal tidak akan terjadi bencana yang hapir silih berganti ini. Kebiasaan membuang sampah di sungai, menebang pohon besar-besaran tampa menanamkan bibit baru kembali, menggunakan kendaraan yang emisinya tinggi, tidak dikelolannya secara baik dan benar limbah pabrik dan rumah tangga, dan banyak lagi ragam macam kebiasaan manusia yang mengakibatkan alam ini semakin tidak bersahabat, mari kita rubah bersama dengan kemampuan yang ada dengan cara memulainya dari hal-hal kecil yang sering kita abaikan yang menjadi pembuka kitidakramahan lingkungan.

1 komentar:

herman anas mengatakan...

kok tidak dibahas sejarah valentine terus ini termasuk bagian dari millah gak? terus bagaimana hukum mengikutinya sebelum berfikiran asas manfaat dulu

Jika apa yang aku tulis menjadikanmu bahagia, maka berterimakasihlah kepada Tuhan yang telah menciptakanku. Tapi, jika sebaliknya, mohon maafkan aku. Tulisan ini hadir, semata hanya untuk berbagi kebermanfaatan kepada sesama mahluk ciptaan.

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP